Bronchitis adalah sakit peradangan pada bronchus, yaitu saluran udara utama pada paru-paru. Bronchitis ditandai dengan batuk yang dalam, yang pada awal sakit disertai dengan demam. Penyakit ini harus diperhatikan dengan serius karena apabila dibiarkan bisa berkembang menjadi radang paru-paru akut (pneumonia) yang bisa berakibat fatal untuk paru-paru itu sendiri.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, bisa pula oleh virus. Bronchitis dimulai saat bakteri atau virus mengiritasi bronkus sampai akhirnya membengkak. Tubuhpun bereaksi mengeluarkan lendir untuk memerangi iritasi itu, sehinga timbul batuk. Selain bakteri dan virus peradangan yang terjadi makin dipicu oleh berbagai zat polutan seperti zat kimia dari rokok atau asap rokok.

Suhu udara yang dingin, lembab, serta polusi udara lainnya dan debu juga menjadi factor pemicu timbulnya bronchitis. Oleh sebab itu sangat penting bagi penderita untuk menghindari diri dari factor pemicu timbulnya penyakit ini. Penyakit ini dibagi menjadi dua macam, yakni bronchitis biasa dan bronchitis kronis (menahun). Keduanya termasuk penyakit yang menular. Pada bronchitis biasa penyebab utamanya adalah basil, tidak ada unsur alergi dari si penderita.

Pada bronchitis kronis biasanya ditemukan unsur alergi dari si penderita serta adanya faktor turunan yang mempengaruhinya. Bronchitis alergica termasuk penyakit sumbatan paru menahun yang bersifat makin lama makin bertambah hebat keluhannya. Gejala sakit lainnya yang biasanya dirasakan penderita adalah: munculnya rasa nyeri dan panas di bagian dada, mengalami kesulitan bernapas, rasa lemas seperti saat flu, demam, otot pegal, sakit kepala, bersin, suhu tubuh meninggi akibat peradangan, dan terkadang disertai dengan gejala batuk yang dirasa mirip gejala sakit asma.

Sedangkan maag adalah salah satu penyakit yang mengganggu lambung dan usus dua belas jari. Penyakit ini disebabkan karena makan yang tidak teratur waktunya, asam klorida (asam lambung) yang berlebihan didalam lambung, terlalu lama konsumsi obat kimiawi, banyak memikirkan hal yang berat-berat sehingga timbul ketegangan-ketegangan pada syaraf.

Untuk itu bagi penderita maag sangat penting dalam mengelola diri dan fikiran agar terbebas dari penyakit ini serta perlu mencermati apakah sakit yang dirasa diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur dan baik, stress yang tidak teratasi atau efek samping dari obat-obatan dan makanan dan minuman yang tidak baik untuk lambung dan usus. Kalau sudah diketahui penyebabnya, hindarilah.
Guna mengobati kedua penyakit tersebut yang bapak Shafiq alami herbalist rekomendasikan beberapa tanaman herbal yang berkhasiat mengatasi sakit bronchitis alergica dan maag yang Bapak derita. Tumbuhan obat tersebut adalah sebagai berikut :

Untuk Bronchitis :

- Jahe (Zingiber offinale) = 20 gram
- Bawang Putih (Eleuthorine Americana) = 15 gram
- Kulit Jeruk Mandarin kering = 15 gram
- Gula Aren (Arenga pigata)

Jahe + Bawang putih + kulit jeruk Mandarin yang kering dikukus hingga matang. Semua bahan yang telah dikukus ditambah gula aren secukukpnya dan diblender dengan ditambah air hangat secukupnya. Kemudian diminum dalam keadaan hangat pada malam hari menjelang tidur. Lakukan rutin sekali sehari.

Untuk Gangguan Lambung :

- Buah Pepaya muda (Carica papaya) = 1 buah
- Roti Tawar Bakar

Buah pepaya dipotong dan direbus beserta kulit dan bijinya dengan air satu liter sampai masak, kemudian diminum diwaktu pagi sebelum sarapan bersama roti bakar secukupnya.
Demikianlah jawaban saya, semoga Bapak puas dan selalulah untuk berkonsultasi dengan Herbalist atau dokter.
Diposting oleh 3J Team Community

1 komentar:

Third Aly mengatakan...

They’re amazing I especially liked the last one Solusi Menyembuhkan Penyakit Kondiloma Kutil Kelamin Tanpa operasi denature

16 Februari 2016 11.17  
Visit the Site
SUGENG RAWUH DATENG BLOG KEDOKTERAN MUGI-MUGI SAMPEAN SENENG KALEH BLOG KULO blogger template by blog forum